Trend SEO Terbaru 2020

SEO atau search engine optimization merupakan upaya atau proses yang dilakukan untuk menaikkan traffic suatu website. Traffic website dewasa ini menjadi hal yang paling disorot, ini disebabkan karena pengaruhnya yang sangat besar, terutama terhadap kenaikan angka penjualan produk dan pelayanan baik di pasar online maupun offline dalam skala global.

Trend SEO Terbaru 2020

SEO sendiri oleh Google banyak sekali mengalami perubahan atau update yang tujuannya untuk memuaskan para pengunjung. Tetapi bagi jasa seo profesional, update ini tentu menjadi tantangan yang sangat besar untuk tetap selalu memahami dan mengikuti update terbaru.

Trend SEO 2020

SEO mengalami perubahan yang sangat signifikan, khususnya dalam kurun lima tahun terakhir. Oleh karena perubahan ini, optimasi yang dilakukan tidak dapat mempertahankan aturan lama, tapi harus mengikuti trend terbaru. Adapun beberapa trend SEO terbaru 2020 di antaranya:

1. Mobile SEO

Pada tahun 2019, pencarian di mesin telusur meningkat menjadi 56% adalah pengguna mobile. Oleh karena peningkatan ini, SEO kemudian membuat trend mobile SEO.

Mesin telusur akan mengedepankan situs atau link yang mobile friendly atau ramah dengan pengguna ponsel.

Oleh karenanya untuk mengatasi hal ini, perbaruilah situs Anda agar lebih ramah mobile, misalnya dengan meningkatkan page load, mengubah struktur situs, serta menambahkan AMP dan PWA.

2. Entitas dan Knowledge Panel

Trend SEO selanjutnya adalah entitas dan knowledge panel. Dewasa ini banyak pengguna Google yang mencari alamat kantor, nomor kantor, mencari seseorang, mencari jasa pengantaran, dan masih banyak lagi.

Google kemudian merilis solusinya yaitu melalui Google Bisnisku. SEO agency dapat mengoptimalkan situs dengan memasukkan beberapa entitas seperti nomor kantor, alamat kantor dan lain-lain yang kemudian akan Google muat di menu Knowledge Panel.

3. Algoritma BERT (bidirectional encoder representations of transformer)

Selain rank brain, algoritma BERT sejak kemunculannya pada 2019 memunculkan banyak kekagetan, hal ini dikarenakan algoritma BERT lebih fokus pada pengguna, tidak lagi pada keyword. Algoritma ini memahami hubungan antara apa yang dicari dengan hasil paling tepat yang akan disajikan sehingga hasilnya akan lebih akurat.

Adanya algoritma ini membuat optimasi menyeleksi beberapa tipe keyword. Jadi, dengan adanya algoritma ini, SEO agency harus berusaha keras dalam menyajikan keyword karena Google berpotensi tidak akan menaikkan traffic situs jika hasilnya tidak relevan dengan apa yang dicari, walaupun keyword yang dicari ada pada konten.

4. Brand dan Link Building

Mengingat kini pasar online semakin melejit, banyak perusahaan, bisnis, dan UKM yang mengintegrasikan usahanya dengan SEO. Hal ini demi meraih penjualan yang tinggi. Semakin gencar suatu perusahaan membranding situsnya melalui SEO, maka potensi penjualan produknya pun akan semakin tinggi.

 

Cara Menghadapi Trend SEO 2020

Trend SEO 2020 tidak dapat dipungkiri memang menghadirkan sistem yang semakin bagus namun sekaligus menjadi tantangan bagi kelompok-kelompok SEO agency untuk mempelajari dan menciptakan cara optimasi yang baru.

Namun walaupun seperti itu ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapinya.

Pertama, pelajari semua sistem update SEO terbaru demi mengetahui solusi optimasi yang tepat.

Kedua, membuat konten yang berkualitas mengingat Google kini tidak mengutamakan keyword, melainkan apakah konten tersebut relevan atau tidak dengan pencarian yang dilakukan.

Ketiga, menggunakan struktur data yang bagus. Hal ini dikarenakan konten berkualitas saja tidak cukup, Google juga harus mengetahui apakah satu dan lain konten dalam satu situs saling berkaitan atau tidak demi meningkatkan traffic yang lebih tinggi.

 

Jasa Backlink PBN Terbaik © 2020